Shalat Menggendong Bayi Memakai Pampers

0
198
Pertanyaan :

Bagaimana hukum shalat dengan menggendong anak yang telah pipis,  tetapi tidak tembus karena memakai pempers?

Jawaban :

Diantara syarat sahnya shalat seorang adalah sucinya badan, pakaian atau tempat shalat orang tersebut dari najis.

Bertolak dari syarat tersebut dinyatakan bahwa seorang yang shalat dengan menggunakan pakaian bernajis (terkena kotoran manusia), maka shalatnya tidak sah, kecuali jika dia tidak menyadarinya.

Suatu ketika, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dengan mengenakan sepatu yang bernajis. Dipertengahan shalat, Jibril mengabarinya akan hal tersebut. Setelah itu, Beliau melepas sepatunya itu dan melanjutkan rakaat shalatnya (tidak mengulanginya). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ، فَلْيُقَلِّبْ نَعْلَيْهِ، فَإِنْ رَأَى فِيهِمَا أَذًى، فَلْيُمِطْ وَلْيُصَلِّ فِيهِمَا

“Apabila salah seorang dari kalian mendatangi masjid, maka hendaknya dia membalikkan kedua sepatunya (memeriksa sepatunya sebelum shalat). Jika bernajis, maka hendaknya dia menghilangkannya. Dan jika telah hilang, maka boleh ia kembali shalat dengan mengenakan keduanya.”. (HR. Ad Daarimiy)

Bila demikian, maka penjelasan yang sama, pun dinyatakan kepada seorang yang shalat dengan membawa najis di dalam tempat tertutup, seperti botol. Hukum shalatnya tidak sah, karena ia membawa najis (kotoran manusia) yang telah keluar dari tempat asalnya (perut).

Hal serupa juga dikatakan kepada seorang yang shalat dengan menggendong anak yang memakai pampers, yang diketahuinya telah buang air kecil atau buang air besar; pun shalatnya tidak sah. Kecuali jika orang tersebut baru menyadarinya ketika selesai shalat, maka shalatnya sah, dan tidak wajib mengulanginya. Dan jika ia menyadarinya dipertengahan shalat, maka wajib ia meletakkan anaknya (melepasnya dari gendongan dan meletakkannya disampingnya), kemudian melanjutkan rakaat yang tersisa dari shalatnya itu.

Wallahu a’lam bis shawaab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here